Sekilas Sejarah WPI

Sekilas Sejarah Wirausaha Pelajar Indonesia (WPI)

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Seiring dengan berkembangnya zaman, bangsa kita saat ini menemui berbagai tantangan yang menghadang perjalanan perkembangan menuju bangsa yang maju. Tantangan dan problematika silih berganti menghampiri bangsa ini. Mulai dari problematika yang paling mendasar yakni kemiskinan, pengangguran, dan hilangnya harapan anak-anak bangsa akan bangsanya sendiri, seolah menjadi masalah yang tak berujung.

Disamping itu jumlah wirausaha di Tanah Air dari data Kementerian Koperasi dan UKM mencatat hingga saat ini baru mencapai 1,56 persen dari total jumlah penduduk. Ini menunjukan bahwa profesi wirausahawan di Indonesia masih belum menjadi pilihan yang paling menarik. Kebanyakan para pemuda bangsa ini lebih tergiur mencari pekerjaan dari pada menjadi wirausahawan. Padahal ketidak seimbangan antara jumlah wirausahawan dan jumlah penduduk yang siap untuk bekerja membuat semakin tingginya tingkat pengangguran di negeri ini.

Lalu.. Pelajar sebagai generasi calon pemimpin bangsa mempunyai peranan yang sangat strategis di dalam menentukan masa depan dan arah bangsa. Dimana setiap dari mereka akan dipanggil untuk memimpin negeri ini  menuju masa depan yang gemilang. Namun pelajar dengan segala berita negatif yang menyertainya, membuat bangsa ini seakan mendapatkan mimpi buruk yang mengancam semua aspek pondasi negeri ini. Padahal jika kita mampu mengarahkan mereka, dipastikan segala problematika di negeri ini bisa diselesaikan. Lewat tangan pemudalah bangsa ini akan mampu keluar dari segala masalahnya.

“Pendidikan kewirausahaan yang hanya di pelajari di perguruan tinggi, tidak menjamin mampu mencetak wirausahawan baru”

Pelajar dan Wirausaha ibarat dua pulau yang berjauhan. Kenapa? Karena kurangnya kurikulum kewirausahaan di sekolah sekolah. Padahal seorang pelajar sangat membutuhkan pendidikan kewirausahaan. Buktinya pendidikan kewirausahaan yang hanya di pelajari di perguruan tinggi, tidak menjamin mampu mencetak wirausahawan baru. Setelah lulus kuliah dengan ijazah digenggamannya, mereka lebih memilih bekerja dari pada berwirausaha. Dalam hal ini kami melihat sebuah harapan baru untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas wirausaha di Indonesia. Yaitu dengan memberikan pendidikan kewirausahaan sejak dini. Dimulai dari bangku sekolah. Bagi kami, wirausahawan bukan sekedar profesi, wirausaha adalah sebuah pola pikir yang harusnya tertanam pada setiap pelajar di Indonesia. Sehingga saat mereka telah menyelesaikan sekolahnya mereka berani untuk berwirausaha dan kelak mampu  Yaitu dengan memberikan pendidikan kewirausahaan sejak dini.

Kata Kunci

  • Komunitas wirausaha (Pelajar, Mahasiswa, dan Pengusaha)
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas wirausaha di Indonesia
  • Menamankan kewirausahaan sejak dini

Sejarah

Wirausaha Pelajar Indonesia (WPI) digagas oleh seorang pengusaha muda yang bisnisnya bergerak dalam bidang pendidikan yaitu “Kak Bekky”. WPI diresmikan pada tanggal 28 februari 2015 di Universitas Indonesia oleh Kak Bekky dan kawan-kawan para pengusaha Indonesia yang peduli akan pentingnya pendidikan wirausaha pada pelajar di Indonesia.

Komunitas ini bersekretariat di Jalan Margonda Raya No. 514F Depok, Indonesia.

Tujuannya adalah agar setiap pelajar Indonesia memiliki pribadi yang positif, produktif dan kreatif yang semua itu terdapat dalam pola pikir seorang pengusaha.

Tentang WPI

Wirausaha Pelajar Indonesia adalah komunitas wirausaha yang anggotanya terdiri dari Pelajar, Mahasiswa dan Pengusaha. Didalam komunitas ini mereka saling berbagi pengalaman dan belajar mengenai wirausaha. Harapan WPI untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas wirausaha di Indonesia, Yaitu dengan memberikan pendidikan kewirausahaan sejak dini.

Kontak Kami

Kantor Sekretariat WPI
Jl. Margonda Raya No. 514F
Depok, Jawa Barat, Indonesia
HP/WA : +6287887703026
FB Page : Wirausaha Pelajar Indonesia
Twitter : @wpi_siswa
Instagram : @WirausahaPelajar
Email : info@wirausahapelajar.com

Statistik Kunjungan

7264
Hari iniHari ini16
Bulan iniBulan ini439
Total KunjunganTotal Kunjungan7264
Kunjungan Tertinggi | 04-20-2017 : 307

Search